Wednesday, January 1, 2014

Cara Mengetik Arab di Office Word 2011 Mac

- Wednesday, January 1, 2014

Cara Mengetik Arab di Office Word 2011 Mac

Anda pengguna Mac? Pastinya rasa puas dan nyaman adalah yang dirasakan seorang pengguna apabila memakai sistem operasi ini. Karena, selain tampilan antar muka (user interface) yang memukau, aplikasi yang tersedia juga tidak kalah lengkap dengan Windows atau sistem operasi lainnya, atau bahkan lebih powerful. Apalagi semenjak dirilisnya Mac OS X Lion (versi 10.7.x) kita bisa dengan mudah mengunduh atau membeli aplikasi yang diinginkan melalui App Store.

Type Arabic on Word Mac
Original image by freerangestock.com

Salah satu kategori aplikasi wajib yang terinstall di setiap komputer tentunya adalah Office. Hal ini tidak lepas dari sejarah komputer yang merupakan transformasi dari mesin ketik tradisional manjadi digital. Terutama, apabila kita bekerja di perkantoran pastinya tidak bisa lepas dari aplikasi bernama Excel, Word dan Powerpoint sebagai versi Office berbayar, atau LibreOffice dan Neo Office (Mac) sebagai alternatif Office yang bersifat Open Source. Sebagai mahasiswa atau pelajar tentunya juga harus menguasai aplikasi ini dalam pengerjaan tugas-tugas akademik.

Microsoft selaku pembuat Office merilis produknya untuk platform Windows dan Mac. Bahkan dalam sejarahnya, versi pertama dari aplikasi pengolah spreadsheet yang kita kenal dengan nama Excel dirilis pertama kali untuk Macintosh pada tahun 1985, sedangkan untuk versi Windows-nya baru menyusul (versi 2.0) pada November 1987.

Baiklah sobat badruzeus, langsung pada inti permasalahan yang sering dijumpai oleh pengguna saat memakai aplikasi Office 2011 Mac adalah: Sulitnya mengetik script Arab pada lembar kerja / dokumen. Meski di Input Source sudah kita centang Arabic, namun tetap saja hasil di lembar kerja tidak sesuai dengan harapan (berantakan dari segi layout kiri-kanan, harakat, terutama struktur antar karakter huruf yang tidak bisa sambung).

Sebelumnya, ada beberapa syarat yang harus kita miliki :
  1. Komputer dengan sistem operasi Windows Xp, Vista, Seven, atau 8 yang telah terinstall paket Office 2003, 2007 atau 2010. Bisa dengan meminjam dulu kepada rekan kerja, atasan dan lainnya, atau melalui Virtualization. (Dalam hal ini penulis menggunakan Windows 7 dan Office 2010)
  2. Komputer Mac OS X versi 10.6.8 s/d 10.9.x yang telah terinstall paket Office Mac 2004, 2008, atau 2011. (Penulis menggunakan OS X 10.8.5 dan Office Mac 2011)
  3. Kemampuan mengetik Arab, terutama di Mac yang tidak memiliki aplikasi bawaan seperti On Screen Keyboard. ( ^_^ )

Dengan catatan bahwa pada Office Word di Windows telah dapat digunakan untuk mengetik Arabic sebagai Input. Apabila belum, pengaturannya sebagai berikut :

Type Arabic in Word
Langkah-langkah Memasukkan Input Arabic di Windows
dan Office Word 2010. (Klik untuk Memperbesar)

  • Dari Control Panel masuk ke opsi Clock, Language and Region, pilih Change Keyboards or Other Input Methods.
  • Pada opsi Region and Language pilih Change Keyboards. Pada Text Services and Input Languages pilih Add dan tambahkan Arabic (Saudi Arabia) > Arabic (101).
  • Setelah semua langkah diatas selesai, akhiri dengan klik Apply, lalu OK.
  • Buka Office Word 2010, dan jangan lupa untuk memilih Arabic (Saudi Arabia) dari Notifications Area.
  • Di Office Word, pilih Options > Advanced. Dari opsi Show Document Contents, pilih Context untuk Numeral (agar numbering juga sesuai input Arabic), dan English Transliterated untuk Month Names.
  • Kembali ke lembar kerja atau dokumen Word, pilih Right to Left di Tabs Paragraph. Ketikkan kata, kalimat atau paragraf dalam Bahasa Arab dan berharakat.
  • Langkah selanjutnya (yang terpenting) adalah "SIMPAN" dokumen tersebut di HardDisk atau media lain.

Selesaikah sampai disitu? Bersabarlah sobat. Masih ada langkah terakhir yang merupakan tema inti kita:
  • Sekarang, kembali ke komputer Mac Anda (jangan lupa kembalikan dulu PC Windows pinjaman tadi.. ^_^ ) dan buka System Preferences > Language and Text > Input Sources. Kemudian, centang Arabic PC sehingga ikon Input Sources akan muncul di Menu Bar Mac (kanan-atas), tentunya berdampingan dengan English sebagai Default Language.
  • Berikutnya "BUKA" dokumen tersimpan tadi dari Finder Mac.

Selamat, Anda sudah bisa mengetik Arab di Office 2011 Mac dengan rapi sekarang, lengkap beserta harakatnya.

Tulis Arab di Office Word Mac
Mengetik Arab di Office Word 2011 Mac
(Klik untuk Memperbesar)

Penggunaan:

  • Untuk mengetikkan kata, kalimat atau paragraf baru di dokemen, hanya bisa dilakukan dengan cara meng'Copy-Paste dari script yang sudah ada.
  • Jika Anda memberikan harakat setelah mengetikkan seluruh Lafadz, maka tombol arah di keyboard menjadi terbalik.
 
Demikian tutorial singkat tentang Cara Mengetik Arab di Office Word 2011 Mac. Semoga bermanfaat bagi sobat badruzeus. Terima kasih.
Share Artikel ini :

7comments:

  1. Setelah mengikuti petunjuk yang disarankan dalam tulisan di blog ini, karakter arab dapat ditulis pada NOTES, namun belum bisa dilakukan pada Word 2011 MAc. Karkater Arab tertulis tapi masih berantakan.

    Anyway. terima kasih atas tulisan ini. Mohon terus berkarya untuk mencerdaskan dan membantu anak negeri ini

    ReplyDelete
  2. makasih banyak buat infonya,, nice post

    http://obatherbalampuh.com/

    ReplyDelete
  3. Klw munculin tasydid gmn?..
    Bingung..

    ReplyDelete
  4. System Preferences > Language and Text > Input Sources. Kemudian, centang Arabic PC
    di imac saya tidak ada pilihan Language and Text, yang ada Language and Region.
    gimana settingnya ya ?

    ReplyDelete
  5. Solusi keyboard Macbook A1708 A1709 kena air jadi susah ditekan, tombol keyboard Macbook Touchbar yg lepas
    http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Ekspresikan pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran juga sangat berharga demi kemajuan blog ini. And please no spam!