Tuesday, September 10, 2013

Cara Membuat Shortcut Kata Ulang di Microsoft Word 2010

- Tuesday, September 10, 2013

Cara Membuat Shortcut Kata Ulang di Microsoft Word 2010

Bahasa Indonesia selain merupakan bahasa termudah di dunia, tentunya juga memiliki keunikan dan tatanan yang berbeda dengan bahasa negara lain. Salah satunya adalah kata ulang. Namun, agak merepotkan apabila berulang kali dalam pengetikan makalah, skripsi atau tugas lainnya yang menggunakan Microsoft Word, pengguna harus mengetik kata yang sama sebanyak dua kali dengan menambahkan tanda " - " (dash) diantaranya.

Membuat Kata Ulang di Office Word
Image by www.freeimages.co.uk

Nah, jika sobat badruzeus ingin cara yang lebih mudah, berikut ini disajikan cara membuat Shortcut kata ulang di Microsoft Word dengan bantuan VBA (Visual Basic for Application) yang secara default terinstall bersama paket Office 2010 :
  • Jalankan aplikasi Microsoft Word 2010, dari Desktop maupun Start Menu. Tekan tombol Alt + F11 di keyboard untuk membuka aplikasi VBA.
  • (Sementara Word masih terbuka) Setelah terbuka, buat sebuah modul baru dengan cara: di area kiri atas jendela VBA; klik kanan menu Normal > Insert > Module.
Setting VBA Kata Ulang
VBA di Microsoft Office 2010 (Klik untuk Memperbesar)

  • Masukkan kode di atas ke dalam modul baru tersebut:
  • Kemudian simpan module tersebut dengan klik ikon Save di Toolbar, atau dengan menekan tombol Ctrl + S  di keyboard.
  • Keluar dari aplikasi VBA lalu kembali ke Microsoft Word.

Langkah selanjutnya adalah membuat shortcut kata ulang tersebut di Microsoft Word dengan cara :

Setting Macro di Word 2010 (Klik untuk Memperbesar)


  • Masuk ke menu File > Options. Di Word Option, masuk ke bagian Customize Ribbon lalu pilih Macros dari daftar Choose commands from.
  • Pilih "Normal.Module1.KataUlang" kemudian tekan tombol Customize di bagian Keyboard Shortcut.
  • (Di bagian Customize Keyboard inilah saatnya kita menentukan shortcut / kombinasi tombol yang apabila kita tekan akan langsung membentuk struktur kata ulang. Sebagai contoh, saya mengkombinasikan tombol Ctrl + Space dari keyboard). Pada bagian Categories, pilih Macros. Lalu, isikan Ctrl + Space di bagian Press new shortcut key dan akhiri dengan menekan tombol Assign di pojok kiri bawah.
  • Close opsi Customize Keyboard, pencet OK dari Word Options dan kembali ke aplikasi Microsoft Word.

Sekarang, di dokumen aktif Microsoft Word ketik salah satu kata ulang (sebagai contoh) "masing" lalu tekan tombol Ctrl + Space dari keyboard. Maka, secara otomatis kata "masing" menjadi "masing-masing".

Demikian tutorial singkat tentang Cara Membuat Shortcut Kata Ulang di Microsoft Word 2010. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dan selamat mencoba. Tetap semangat.
Share Artikel ini :

3comments:

  1. saya praktek kok gak bisa konsep, menjadi konsep- konse, padahal yang benar adalah konsep-konsep. trim dan maaf

    ReplyDelete
  2. saya praktek kok gak bisa konsep, menjadi konsep- konse, padahal yang benar adalah konsep-konsep. trim dan maaf

    ReplyDelete
  3. maaf pak, saya kurang mendetail, dan saya coba masih belum bisa

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Ekspresikan pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran juga sangat berharga demi kemajuan blog ini. And please no spam!