NAVIGASI BLOG

Friday, October 25, 2013

Cara Cepat Membersihkan File Temporary Windows 8

Cara Cepat Membersihkan File Temporary Windows 8

Pengguna komputer pasti sudah tidak asing dengan istilah temporary files. Ya, karena setiap sistem operasi memilikinya. Baik itu Windows, Mac, Linux atau Mobile OS menggunakan file-file ini ketika menjalankan aplikasi.

Singkat kata, temporary files adalah file-file sementara yang dibutuhkan oleh aplikasi tertentu dalam sistem operasi ketika ia berjalan, umumnya berupa files dengan ekstensi *.tmp atau caches. Namun, tak jarang ketika aplikasi sudah tidak lagi digunakan ternyata file-file tersebut masih tersisa di suatu tempat yang tersembunyi dari sistem. Hal ini tidak menjadi masalah jika kita masih memiliki banyak ruang penyimpanan di harddisk. Ironisnya, jika harddisk sudah low capacity sedangkan kita sering menjalankan aplikasi desain grafis atau video editing? Atau Anda adalah pengguna Microsoft Surface dengan sistem operasi Windows 8, pastinya perlu menghemat media penyimpanan agar sistem operasi memiliki ruang gerak.

Umumnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Utilities pihak ketiga untuk membersihkan temporary files tersebut. Misalnya CCleaner yang sudah sangat terkenal dengan kinerja yang powerful dan optimal.

Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya kita juga bisa membersihkan temporary files tersebut hanya dengan beberapa klik tombol di keyboard? Baiklah sobat badruzeus, tutorial kali ini akan membahas cara cepat membersihkan temporary files di sistem operasi Windows tanpa bantuan aplikasi / software pihak ketiga.

Membersihkan File Temporary Windows 8
Windows Files Temporary

  1. Pertama, jalankan menu Run dari Start Menu (Windows XP – 7), atau dari Modern UI (Windows 8). Cara cepatnya adalah dengan klik tombol Win + R pada keyboard.
  2. Dari menu Run masukkan keyword %temp% kemudian tekan tombol OK atau Enter di keyboard.
  3. Setelah Windows / File Explorer terbuka, Anda akan mendapati banyak files / folders yang bisa dihapus dengan menekan tombol Shift + Del secara permanen (tanpa melalui Recycle Bin).

Bagaimana, mudah bukan? Demikian Cara Cepat Membersihkan File Temporary Windows 8 tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda.

Catatan:
  • Disarankan sebelum menggunakan cara ini agar menutup seluruh aplikasi yang sedang berjalan di sistem.
  • Cara ini terbukti aman digunakan tanpa merusak atau menghilangkan file-file esensial yang digunakan oleh sistem.
  • Temporary Files yang dimaksud tidak termasuk Registry Windows.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Ekspresikan pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran juga sangat berharga demi kemajuan blog ini. And please no spam!